Memperpanjang Usia Flash Disk

Hoho… ini maksudnya bukan menghidupkan kembali flash disk yang udah mati. Mati..? astaghfirullah.. jadi ingat mati… but… kita balik ke flash disk. Sebenarnya kita dapat memperpanjang usia pakai suatu flash disk. Jadi sangat berbeda dengan manusia (dimana dalam al qur’an dikatakan, “laa yasta’khiruuna saa’atan wa laa yastaqdimuun…”. Jadi kalo manusia, ajalnya itu gak bisa diundur dan juga gak bisa dipercepat. Ternyata flash disk itu bisa diefisienkan usia pakainya.

selamat tinggal flash disk lama... baktimu takkan ku lupa

Saya sengaja mengangkat tema ini karena baru aja beli flash disk baru tadi siang. Secara flash disk yang lama rusak mendadak (sebenarnya gak mendadak, coz udah cukup puas makenya). Namun rasanya flash disk ni rusaknya cukup cepat sebab umurnya baru 10 bulan. Ya… flash disk Kingston 4 GB ini meskipun tidak dibeli sendiri alias dibeliin bos sudah serasa milik sendiri. Mungkin karena ini juga yah rusaknya lebih cepat, karena gratis (ah.. gak tau lah…). Untungnya flash disk yang baru dibeli tadi siang ini harganya cukup bersahabat. Rp 100 ribu untuk ukuran 4 GB keknya cukup bersahabat *mungkin karena dibelinya sama toko punya sahabat. Yah.. alhamdulillah.

Flash disk baru... kerja berat sudah menunggumu...

Nah intinya seperti ini.. semua barang elektronik ternyata punya usia pakai. Apa saja barang elektronik pasti menglami penyusutan selama digunakan. Khusus untuk flash disk, yang kita maksudkan masa pakai adalah total waktu flash disk terhubung dengan suatu computer yang sedang dinyalakan. Jadi keknya wajar aja flash disk saya yang umurnya baru sekitar 10 bulan udah rusak karena emang sangat aktif sekali berinteraksi dengan computer. Kadang selama seharian terkoneksi dengan CPU walaupun enggak digunakan. Nah… ini nih kesalahan fatalnya.. seharusnya ketika flash disk sudah selesai melaksanakan tugasnya (memindahkan data), seharusnya di-remove dari computer.

Sebenarnya fungsi dari flash disk itu bukanlah sebagai media penyimpan. Meskipun dia tergolong sebagai storage device, tapi flash disk lebih tepat kita kategorikan sebagai media untuk memindahkan data. Makanya, tepat sekali rasanya kalau Kingston memberi nama produknya dengan DATA TRAVELER, karena memang fungsi flash disk adalah untuk mengangkut dan memindahkan data dari satu computer ke computer lainnya. Seandainya flash disk kita digunakan hanya dengan tujuan ini, pastinya waktu total terhubungnya dengan computer akan menjadi lebih singkat dan usia pakainya jadi optimal. So.. be wise to use your USB flash disk

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

8 thoughts on “Memperpanjang Usia Flash Disk

  1. ona… ancak pulo tips e yee… cubo lo cek lu

  2. ona kyut says:

    tipssss mmperbaiki flahdisk..
    dgn menggunakan LEM BIRU
    alias LEMpar Beli baRU hehehe

  3. Ww says:

    Hehehe..
    Y gmn lg fd ny mungil s,jd lgsg bli aj..
    Ga nyangka jg umurny singkat..

    Y d ikhlasn aj lg,mdh2n bs dpt ganti yg lbh ok..

    *tp msh sedih coz fd t blm dmanfaatn sbaik2ny..

  4. yoyul says:

    ww… bagusna kalo beli flash disk di tempat yang mudah dihubungi aja biar gampang complaining nya…

    udaah… beli aja yang baru. Yang lama bisa dijadikan gantungan kunci or apa gt.. hehe

  5. yoyul says:

    Pasang iklan bayar…. Cet, bwat link blog i d blog cet muah. trus ke http://www.emseesquare.com ciek lai

  6. Ww says:

    Hiks..hiks..
    Mending t,flashdisk w 4gb,bru 4 bln & bru kr2 3x colok k komputer..
    Dah ga bs d ap2in..

    Mw d tny k t4 membeli,kjauhn,belinya ga dsini..

  7. ksatria2610 says:

    Hmm.
    Salah tulis

    Life Time

    *sekaligus sebagai koreksi.

  8. ksatria2610 says:

    Haha 😀

    Kingst*n memang dari dulu parahan kualitasnya..

    Untuk yang berminat, FD 4 GB, V-Gen.. 90 rb aja, Life tiiem garansinya..

    NB: Untuk 10 pemesan pertama.
    wakaka

Don't forget to give comment and questions :)