Menikmati Fasilitas "Internal Search Engine"

Dear Friends…

Kamu tau kan apa itu search engine? (Mesin pencari…! *yup… tapi itu mah namanya translet bahasa Indonesianya aja brur…) Kalo gak tau saya kasih contohnya aja ya: www.google.com. Nah google ini adalah mesin pencari di internet yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan search engine kita dapat mengetahui dan mengakses sekian banyak konten online hanya dengan mengetikkan key word pada kolom yang tersedia (keknya semuanya dah ngarti deh cara make google….)

Menariknya, ternyata kita juga bisa menikmati kemudahan dalam menemukan hampir semua jenis file yang ada di komputer kita dengan menggunakan instant searching software dengan prinsip yang mirip dengan mesin pencari Google.

Fitur pencarian internal ini sangat memudahkan dan mungkin penting bagi pengguna komputer yang mempunyai seabrek jenis file, dokumen, multimedia, dan ebook (seperti saya… *yiihaaa). Hanya dengan menggunakan shortcut tertentu (dengan menekan tombol Ctrl dua kali) sehingga muncul kolom searching-nya, dan mengetikkan kata kuncinya maka langsung muncul file yang kita inginkan dalam bentuk drop down dan kita tinggal buka dokumen tersebut atau membuka folder dimana file tersebut berlokasi di hard disk kita. Nah… fitur inilah yang dimiliki oleh Google Desktop. Kalo mau mencoba menggunakannya download aja disini.

Microsoft Corp ternyata tidak mau ketinggalan dalam hal search engine internal ini. Microsoft juga merilis Windows Search dengan fitur dan layanan yang lebih kurang sama dengan google desktop. Namun yang cukup menarik dari Windows Search adalah jendela aplikasinya yang terintegrasi dengan windows explorer. Dan yang lebih menarik lagi, hasil pencariannya langsung menampilkan preview dari file yang kita cari. Coba download disini


Setelah proses instalasi, yang namanya search engine pastinya pertama kali bekerja dengan mengindeks (mendata) semua isi komputer kita. Proses indexing ini biasanya cukup memakan waktu dan tergantung dari banyak sedikitnya file yang ada di dalam storage kita. So, be patient.

Naaah… selamat mencoba ya. Saya udah coba and gunain dua-duanya lho *promosi…

If you don’t understand this language (Bahasa Indonesia), copy and paste the whole article to Google Translate and then translate it to your own language (sorry bro… blog kita ini kadang juga dikunjungin teman-teman abroad juga gitu loh…)

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

Don't forget to give comment and questions :)