PKM-PIMNAS 2010: Apa Kabar UNAND? Apa Kabar Farmasi?

Akhirnya… pengumuman tentang kelulusan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2010 sudah dikeluarkan oleh DP2M DIKTI. Proposal yang sudah diusulkan oleh mahasiswa dari seluruh nusantara akhirnya selesai juga dievaluasi dan diukur kelayakannya untuk dibiayai oleh DIKTI. Deg-degan juga… penasaran juga sih bagaimana nasib Universitas Andalas di PKM kali ini (Ini neh, contoh alumni yang perhatian dengan kampusnya… *yiihaa…)

Deg-degan…? Ah… sebenarnya saya tidak punya cukup alasan untuk deg-degan dan memasang perasaan harap-harap cemas. Toh, saya bukan mahasiswa lagi yang bisa ikut ambil bagian. Pun juga bukan pembimbing (boro-boro…). Selain itu, saya juga tidak berada dalam suatu sistem yang bertanggung jawab dan terlibat dalam usaha memajukan prestasi kampus. Tapi sepertinya ada semacam perasaan dan pengharapan yang tinggi terhadap Universitas Andalas, khususnya menyangkut prestasinya di kancah pergulatan akademik nasional. Karena, sejauh ini, prestasi di PIMNAS masih merupakan tolok ukur reputasi (baca: martabat) kampus di bidang ilmiah. Sekali lagi, reputasi kampus di tingkat nasional dalam bidang ilmiah.

Akhirnya, setelah mencari tau tentang kelulusan proposal tersebut, saya nemu di sini dan segera dibuka filenya, dan ternyata… UNAND berhasil meloloskan 16 proposalnya untuk PKM Non Karya Tulis. 16…? Ya, Alhamdulillah. (walaupun jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kelulusan proposal PKM pada tahun dimana saya terakhir ambil bagian dalam PKM, 2007, yaitu sebanyak 25 proposal). Ya, lagi-lagi, Alhamdulillah…

READ ALSO:  Ngeblog bareng PEC: "Is studying English difficult...?"

Farmasi UNAND, Apa kabar…?

Cukup sedih dan sedikit tertusuk *lebay* rasanya ketika setelah dilihat dan diamati, ternyata tidak satu pun proposal PKM dari fakultas Farmasi UNAND yang lulus. Apa…? Tak satu pun…? Gak mungkin…? (*histeris dan berteriak sambil memegang kepala dengan kedua tangan… tapi tidak sampai mengantukkannya ke dinding). Ya, ini cukup menjadi catatan yang penting untuk disorot mengingat bahwa Jurusan/Fakultas Farmasi Universitas Andalas punya catatan tersendiri yang cukup membanggakan: PIMNAS 2009 (UNIBRAW, Malang): meloloskan 3 tim; PIMNAS 2008 (UNISSULA, Semarang), gak ada yang lolos ke final, tapi masih cukup banyak proposal yang didanai; PIMNAS 2007 (UNILA, Bandar Lampung): meloloskan 1 tim ke PIMNAS dan berhasil membawa 1 medali emas; PIMNAS 2006 (Univ. Muhammadiyah Malang): meloloskan 3 tim ke PIMNAS dan berhasil membawa 1 medali emas. Wow…

Delegasi UNAND pada PIMNAS XX. Atas (ki-ka): Arif, Emil, Yori, Dion, Ef, Oon. Bawah (ki-ka): Uwit, Sari, Rini, Dewi, Wulan

Kalau boleh sedikit ber-kilas balik, farmasi Unand cukup sering menghiasi pentas kompetisi nasional dengan berhasil mengangkat prestasi dan reputasi Universitas Andalas di tingkat nasional. Tidak hanya di PIMNAS, acara MTQ mahasiswa tingkat nasional pun di jamah dan emasnya juga dirampok. Kontes inovasi bisnis beberapa tahun sebelumnya juga “mamacik”. Yaah, mungkin salah satu PR stakeholder terkait adalah bagaimana memunculkan bibit-bibit kompetitif yang mampu berprestasi, karena ini perlu persiapan dan konsep. Orang-orang berprestasi tidak muncul begitu saja, atau hanya karena kebetulan dan aji mumpung, tapi semuanya butuh persiapan dan strategi.  (Ini cuma opini saya aja lho…)

Salah satu penyesalan terbesar saya ketika kuliah dulu adalah: mengapa saya tidak rajin dari tahun 1, mengapa saya tidak ikut berkompetisi dari tahun 1, mengapa saya tidak “sadar” dari tahun 1..? (Ini mah namanya bukan salah satu, tapi salah tiga… hihi…).

Namun, sepertinya tidak ada kata terlambat untuk berprestasi. Makanya bagi teman-teman yang mungkin masih berada pada tahun 1 atau tahun 2 di kampus, gunakanlah kesempatan memegang titel mahasiswa ini dengan sebaik-baiknya. Masa kuliah yang mungkin cuma empat lima tahun sebenarnya bisa dikatakan cukup untuk mengaktualisasikan diri dan mempersonalisasikannya sesuai dengan keadaan dan kebutuhan zaman. Gitu lho… Jadi, sekali lagi, tidak ada kata terlambat untuk memenej diri dan berusaha untuk berprestasi.

PKM KT Menunggu

READ ALSO:  Polemik vaksin: Jangan lagi berpolemik!

Tidak lolos di PKM Non karya tulis seharusnya bisa menjadi pemacu dan pemicu bagi fakultas farmasi untuk mengambil kesempatan yang tersisa: kesempatan yang tersisa untuk berkompetisi di PIMNAS 2010 ini. Setelah browsing ke situs resmi DIKTI yang membawahi PIMNAS ini (DP2M), ternyata peluang untuk pengajuan proposal PKM GT dan PKM AI masih terbuka dan akan ditutup pada 10 Maret 2009. Lihat di sini.

Akhirnya, kita (khususnya saya) sepertinya akan menunggu (atau menyaksikan saja) dengan indah bagaimana tanggapan dan kesigapan dari BEM FF-UA untuk mengambil peluang ini.

I will be right here waiting for you…

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

7 thoughts on “PKM-PIMNAS 2010: Apa Kabar UNAND? Apa Kabar Farmasi?

  1. Maut says:

    Kapan lagi ada PIMNAS??? Plis… kami di ajak….. kami anak2 dari Universitas Sintuwu Maroso Poso – Sulawesi Tengah… ingin berpartisipasi dengan teman2 dari seluruh indonesia untuk berbagi kajian2 yang ada didaerah kami….

    Tolong kontak kami di :
    085756122559

    1. PIMNAS ada tiap tahun, biasanya dilaksanakan bulan Juli setiap tahunnya. Tapi persiapannya mulai dari Agus/Sept (segera setelah pimnas dilaksanakan) dan ada beberapa tahapan seleksi.
      Setiap kampus katanya dikasihtau kok, hanya saja tidak semua kampus yang meneruskan informasinya ke mahasiswa, mungkin…

  2. fadilla says:

    wah bang.. sayang banget sosialisasi PKM UNAND gak ada (gak ada sampai ke telinga saya) saya tau tentang PKM dari sobat saya, dan dia bilangpkm itu teakhirnya bulan juni.
    besoknya saya dan teman2 teknik elektro langsung cari ide buat ikutan PKM AI waktu itu tanggal 15 Maret.. kemudian kami buat poin poin yang akan kami ikutkan.. eh.. kemudian kami cari kepastian tentang PKM AI astaga.. ternyata tanggal 31 maret 2010 di serahkan.. jadi kami batal ikut..

    haah seandainya jauh2 hari disosialisasikan..
    oh ya gimana tentang grup cendikia unand?

    1. Yori says:

      Yup…
      Emang sosialisasi adalah penting, bahkan sangat penting. Dalam hal inilah kita tertinggal dibandingkan dengan kampus-kampus lain (terutama kampus-kampus Jawa).

      Namun saya kira sosialisasinya cukup baik pada beberapa fakultas, bahkan ada workshopnya :mrgreen: Sedangkahn pada beberapa fakultas lain emang agak minim bahkan tidak ada sama sekali. Ini tergantung kesigapan pihak dekanat dan juga mahasiswanya

      1. Yori says:

        Untuk Fadila, coba bikin tulisan semisal “Surat Terbuka Untuk Pak Rektor” terkait dengan bagaimana seharusnya Unand menyikapi PKM-PIMNAS. Bikin aja di blog *ayo bikin… sebelum saya yang bikin duluan 😆

        Btw, thanks for the visit 🙂

  3. Mardoni says:

    Assalaamu’alaikum..
    Dari Biologi UNAND, Alhamdulillah masih bertahan Bang! Untuk tahun ini yang lolos seleksi 3 judul. Alhamdulillah..
    Wassalaamu’alaikum..

    1. Wassalamu’alaykum…
      Alhamdulillah kalau begitu. We need to prepare many things to make those projects go forward. Harus ada strategi dan konsep supaya program yang dilaksanakan dapat terus bersaing sampai ke final

      Dana yang dikasih DIKTI adalah amanah untuk dapat melahirkan karya yang dapat bermanfaat bagi pembangunan bangsa.

Don't forget to give comment and questions :)