Encarta Dictionary, kamus komplit fitur selangit

(Kamus komplit untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris)

Kebanyakan dari kita mungkin punya aplikasi kamus yang terinstal di komputer kita masing-masing. Kamus memang merupakan salah satu hal penting terutama bagi pelajar dalam menunjang proses belajar (terlebih dalam pengerjaan tugas), terlebih bagi proses pembelajaran bahasa Inggris itu sendiri. Bagi yang punya koneksi internet, kita bisa dengan mudah meluncur ke situs kamus online yang cukup banyak tersedia. Namun bagaimana dengan yang offline-nya?

Microsoft Encarta adalah salah satu aplikasi besutan Microsoft yang dibundel dalam paket Encarta Encyclopedia. Aplikasi ini berisi ribuan artikel ensiklopedia yang cukup lengkap dalam bentuk multimedia dan dikemas dengan sangat baik dan menarik. Nah, salah satu komponen aplikasi yang sangat menarik dari Encarta encyclopedia adalah Encarta Dictionary. Kamus ini terbilang cukup unik dan dengan fitur yang lengkap, dan sejauh ini saya masih belum menemukan kamus yang lebih baik atau lebih lengkap daripada Encarta Dictionary (kalo ada yang lebih bagus, kasih tau dunk…)

# Kamus dengan pendeskripsian yang mantap 😀

Hal yang paling menarik dari aplikasi kamus ini adalah penjelasannya yang mudah dimengerti dalam mendeskripsikan maksud dari suatu kata/gabungan kata. Sering, suatu kata dalam bahasa Inggris (sebagaimana halnya juga bahasa Indonesia) mempunyai beberapa pengertian yang berbeda satu sama lainnya. Penjelasan tentang maksud dari satu kata tersebut langsung diberikan contoh penggunaannya dalam suatu kalimat, sehingga kita dapat memahami maksud kata tersebut secara menyeluruh.

READ ALSO:  Oh My God

Penjelasan kata yang cukup rinci disertai contoh

# Fitur cara pengucapan kata yang benar

Bagian selanjutnya yang cukup unik adalah fiturnya yang juga memungkinkan kita mengetahui how to pronounce a word. Kita dapat mendengarkan bagaimana cara mengucapkan suatu kata dengan baik dan benar. Kita tinggal tekan tombol suara yang terdapat pada bagian kanan kata yang sedang kita tampilkan untuk mengetahui bagaimana cara pengucapan yang benar. Namun, ada persyaratannya: speaker komputer harus sudah diaktifkan (*gubrak… ya iyalaaah…).

# Thesaurus (sinonim kata)

Thesaurus sepertinya masih menjadi suatu istilah yang kurang akrab bagi kita. Hasil survey saya menunjukkan bahwa 90% responden tidak tahu apa yang dimaksud dengan thesaurus (responden terdiri dari anak-anak TK yang hampir menyelesaikan studinya *ngawur). Thesaurus adalah (menurut Encarta Dictionary):

Kesimpulannya, thesaurus adalah persamaan kata. Mengetahui thesaurus dari suatu kata adalah salah satu cara efektif untuk mengetahui apa maksud dari kata tersebut, terlebih jika kata tersebut adalah kata sulit atau kata yang tidak begitu common (pada bagian screenshot bisa dilihat contohnya: elevate)

Thesaurus, salah satu cara memahami makna kata

Sayang seribu sayang, kabarnya versi Encarta Premium DVD 2009 ini bakal menjadi produk Encarta yang terakhir dibuat. Microsoft tidak melanjutkan lagi pembuatan produk Encarta dengan alasan yang tidak dikasih tau ke saya (haha… *emang lu siapa?). Kabarnya Microsoft merasa tergeser dengan keberadaan raksasa kamus online dengan berbagai bahasa, Wikipedia.

READ ALSO:  Ngeblog bareng PEC: "Is studying English difficult...?"

Meskipun demikian, Encarta Dictionary sepertinya masih tetap the best offline dictionary.

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

Latest posts by Yori Yuliandra (see all)

19 thoughts on “Encarta Dictionary, kamus komplit fitur selangit

  1. Mas Tikno says:

    gan, tolong dikirim copyan dari masternya, ke tikno6594@gmail.com , trims

  2. EKYU says:

    kami juga pakai software ini… walaupun yg kami punya hanya edisi 2003 tapi sangat memadai dibanding kamus portable concise Oxford yg kami punya XD…

    dulu punya CD instalasi-nya, cuman pas sekarang mau diinstal ke notebook baru, ternyata CD-nya udah baret2 (keseringan dipake di beberapa PC)… dan ngga bisa install lagi deh >”<

    -ekyu team-

  3. fauzi says:

    download torrent aja, banyak ko

  4. popo says:

    Bagaimana jika dibandingkan dengan Digital Oxford dictionary?

    1. Waah… saya belum pernah coba. Have a review? 😉

  5. aminovic says:

    Ada Link downloadnya gak gan? suka sekali dengan kamus ini. dulu sering pake..

    1. Link downloadnya saya nggak punya… udah dicari2 juga sih, tapi nggak ketemu. Saya masih punya masternya, tapi terlalu gede (sekitar 3 GB)

      1. iev says:

        saya mau donk . . tlong kirimn ke email sya bsa gak ??
        nih email ny iev.tiya@gmail.com
        mksi y mas sblumny . . 🙂

        1. Dengan ukuran instalasi yg > 3gb, looks like it’s impossible. Sorry…

  6. amma says:

    link download nya dong….

  7. mila says:

    kawan saya juga sangat bangga dengan kamus itu, tetapi saat saya otak atik labtop, enkantra erro, jadi pingin instal ulang. kawan yang terhormat, bagaimana saya bisa mendapatkan encantra itu agar saya dapast menginstalnya lagi. trimakasi

  8. andrew says:

    mas kalo sama WordWeb Pro, menurut mas, bagus mana antara encarta dictionary dan wordweb pro (yg pro lho bukan yg free) ?

  9. sugeng says:

    Bang, gimana caranya download encarta dictionary.
    Tolong caranya kirim ke email ku dong. Makasih sebelumnya.

  10. topan says:

    Iya. Encarta 2009 ini saya gunakan saat saya sedang tidak terhubung dengan jkoneksi internet.

    Coba bandingkan dengan ini http://topan.web.id/download-stardict

    💡

    1. kelihatannya seh emang begitu… http://www.microsoft.com/uk/encarta/default.mspx

      Okay, let me chekidot… 😀

  11. Anak Wisma says:

    kamusnya bahasa inggris diterjemahkan ke inggris juga tuh bang ????

    1. Iya, kamusnya bahasa Inggris dan penjelasannya juga dalam bahasa Inggris (seperti kamus Oxford yang kita kenal).

      Tapi juga tersedia transliterasi dari English ke bahasa lain dan sebaliknya: Spanish, French, German, and Italian

Don't forget to give comment and questions :)