Ladybug = Nyonya serangga…?

(a wonderful creature with questionable naming)

Serangga yang satu ini ternyata punya kerabat dengan jumlah 6000 jenis spesies yang mirip satu sama lainnya. Mereka dapat ditemukan di daerah tropis di penjuru dunia, termasuk di Indonesia, termasuk di Payakumbuh (karena gambar berikut diambil di Payakumbuh). Btw, Payakumbuh bagian dari Indonesia ya?

Saya baru tahu bahwa nama serangga yang satu ini adalah ladybug. Kalau di Indonesia mungkin penamaannya kurang dikenal, atau lebih tepatnya “saya tidak tau”. Biasanya disebut kumbang saja, mungkin untuk kesederhanaan. Namun, rasanya ada yang kurang pas kalau makhluk mengagumkan ini dinamakan dengan “kumbang” saja, sebab masih banyak spesies kumbang yang lain mulai dari yang jolok sampai yang bisa menyengat dan meninggalkan souvenir di kulit kita dan nyeri di otak kita (emang nyeri betul di otak kan..?). Tapi tidak dengan yang satu ini.

Ladybug punya sifat khas yang baru saya pahami belakangan ini. Ternyata mereka tidak begitu suka dengan popularitas. Tingkat narsisitas mereka sepertinya cukup rendah sehingga emang nggak suka amat kalo di-shoot pake kamera. Baru mau fokus dan super macro kameranya udah mantep, eh udah terbang duluan… tinggal mencet tombol capture, eh sembunyi lagi di balik daun. Namun di sinilah beda yang propesional dengan yang amatiran *huueekss… Meskipun sang model menghindar, kau tetap kukejar…

Emang begitulah seharusnya kita, manusia. Kalo kita merasa berkualitas, ngapain juga merendahkan diri. Kalo kita merasa bagus dan eksklusip, ngapain juga dipajang-pajang (emang pajangan…). Kalau kita merasa cantik, ngapain juga diobral. Sebab sang potograper tetap kan datang. Mengendap-endap, diam-diam mendekat, untuk kemudian… jepret… Kena deh…

READ ALSO:  Weekly Photo Challenge: Refuge

Btw, kalo di negara kita emangnya nama serangga ini apa ya? Nyonya serangga? Atau…

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

Latest posts by Yori Yuliandra (see all)

7 thoughts on “Ladybug = Nyonya serangga…?

  1. pojokphoto says:

    Wah gambar ini juga keren-keren… Penggemar “kombet” juga ya? Hehehehe… BTW kalo mau ngunjungi blogku yang isinya tulisan-tulisan, bisa ke bangfiko |dot| web |dot| id.
    Makasih dah berkunjung, dan salam kenal kembali

    1. Oke… saya segera meluncur kesana (sebenarnya udah berkunjung kemaren ni, tapi tidak meninggalkan jejak :mrgreen:)

  2. Asop says:

    Namanya kepik kalo di indonesia. 🙂

    1. Hehe… iya, kepik namanya
      *kalo di kampung gak dikasih nama se-spesifik itu 🙂

  3. Yori says:

    its ladybird beetle

  4. ksatria2610 says:

    O ya, Kayaknya ini yang bule nya. jadi agak pirang.
    Kalau yang orinya, memang merah gitu.
    🙂
    nih asli.

    http://picasaweb.google.com/hamdalah2/Natural#5441772153437049970

  5. ksatria2610 says:

    Namanya Kemit Merah…

    *baru tahu pas ada acara Kementrian, ada pemutaran video tentang ladybug. Kemit Merah..
    😀

Don't forget to give comment and questions :)