27 comments


  • Numpang tanya, sebenanya Amlodipine diinum pagi/ malam?

    April 14, 2014
  • […] obat tertentu harus diminum pada waktu-waktu khusus. Secara umum kita hanya mengenal meminum obat sebelum makan atau sesudah makan, padahal sebenarnya masih banyak waktu-waktu khusus untuk meminum obat. Misalnya ada obat tertentu […]

    November 15, 2012
  • like

    June 24, 2012
  • thalib

    Ada contoh obatnya nggak,sprti obat d’minum sblum mkan cntoh obatya apa,pda saat mkan apa…???

    May 10, 2012
    • Sebelum makan: antasida, amoksisilin, dll
      Di saat makan: obat2 enzim pencernaan seperti (misalnya Tripanzym), metronidazol, dll
      Setelah makan: asam mefenamat, piroksikam, dll

      Contohnya segitu aja yaa… Informasi yang lebih komprehensif bisa diperoleh melalui konsultasi obat dengan apoteker anda 🙂
      Trims…

      May 10, 2012
  • nah… kadang tuh, ada dokter yang ngresep obat maag diminum sesudah makan, tapi dokter yang satunya lagi, ngresep obat maag sebelum makan… jadiii mana yang bener tuh

    February 02, 2012
    • Yang benarnya? Tanya Apoteker… Hehe… *ini serius lho…

      February 02, 2012
  • […] tentang…amitokugawa on Pertanyaan favorit tentang…Pertanyaan favorit t… on Sebelum makan atau sesudah…logicprobe10 on Blog TrainingTahfidz 'Afifah on Guest BookRIZKI on […]

    January 15, 2011
  • […] Topik seputar waktu meminum obat sudah pernah saya tulis sebelumnya di sini. […]

    January 15, 2011
  • tulisan yang menarik

    kunjungi ini ya….

    October 11, 2010
  • na caeyang

    ass…

    wahh thanks ya mas atas infonya….
    terusterang ini bermanfaat buat saya..

    August 11, 2010
  • […] obat tertentu harus diminum pada waktu-waktu khusus. Secara umum kita hanya mengenal meminum obat sebelum makan atau sesudah makan, padahal sebenarnya masih banyak waktu-waktu khusus untuk meminum obat. Misalnya ada obat tertentu […]

    June 03, 2010
  • Terima kasih banyak atas pencerahannya, sangat penting ini untuk kesehatan kita. Dan jadi tahu istilah baru nih, farmakokinetika 😀

    May 06, 2010
  • semua memang ada aturannya, yah…harus ngikutin anjuran pakai lah. biar nggak mabok obat nantinya.

    April 19, 2010
  • Tanya perawat juga bisa tuh da Yori…. 😀

    Karena secara praktek, di RS ataupun di komunitas, perawat juga berperan dalam mengawasi pasien dalam meminum obat. Termasuk memperhatikan 6 Benar (mungkin lebih) dalam memberikan obat: benar pasien, benar waktu, benar dosis, de el el

    Bahkan dalam pemberian obat, oral, injeksi, fekal (“pemberian” bukan meresepkan) itu juga adalah gawean perawat….hohoho….

    oia, sepengetahuan Ni, tidak semua obat (yang kita ketahui itu adalah obat untuk penyakit tersebut) bisa diberikan lagsung begtu saja. Kita tetap harus memperhatikan status kesehatan dan riwayat kesehatannya terlebih dahulu. Bagusnya juga ditambahkan pembahasannya mengenai obat-obat yang mungkin adalah kontraindikasi terhadap pasien dengan riwayat-riwayat kesehatan tertentu. Karena mungkin bisa menimbulkan alergi, dsb…

    *Tapi kalau untuk meramu dan meracik obat, gak ada tandingannya deh,,, that’s what the Pharmacist are for….

    salam blogger!!!

    April 18, 2010
    • Doctors are responsible for medical care…
      Pharmacists are responsible for pharmaceutical care…
      Nurses are responsible for nursing care…
      Each of them *initially* have their own relationship with drugs… 🙂

      April 18, 2010
      • Doctor prescribes the drugs…
        Pharmacist dispenses the drugs…
        Nurse administers the drugs…

        I ‘ll be waiting for your posting about this 🙂

        April 18, 2010
      • 😀

        That’s very kind of you to make me remember to take this topic for my next writing….

        InsyaAllah!….

        Thanks jiddan bro!

        April 19, 2010
  • yang udah terpatrti dalam benak masyarakat, kalau nanya ttg sakit n obatnya ya ke dokter… padahal yang lebih banyak tau ya si apotekernya ya Yo… :mrgreen: tanya ke Yo ajah dech kalau butuh info obat…

    April 18, 2010
  • emang ga selalu habis makan … setau rose obat itu disesuaikan dengan manfaat dan penggunaannya…

    April 18, 2010
  • Makasih infonya sob, baru tau itu sebabnya ya?? Berarti sebenarnya semua obat itu ada efek sampingnya juga ya… Maka berhati2lah minum obat jangan sembarangan 😀

    Nice post

    April 17, 2010
    • Secara umum hampir semua obat punya efek samping, tetapi efek samping tidak selalu terjadi, dan juga tidak semua efek samping bermakna secara klinis (sebagiannya dapat diabaikan)

      April 17, 2010
  • Sip, info yang bagus. 😉

    April 17, 2010
  • Assalamu’alaikum …

    afwan, tapi ane nggak suka minum obat …

    (g bisa … hehehe … kalo minum obat pasti harud di gerud dulu … makanya males minum obat …)

    manusiawi ‘kan ???

    ^_^

    April 17, 2010
    • ‘alaykumussalam…
      Kadang kita harus minum obat sebagai bentuk ikhtiar kita pada Allah SWT 🙂

      Tidak semua obat boleh digerus lho… konsultasikan dulu :mrgreen:

      April 17, 2010
  • Ada yg sebelum dan ada yg sesudah makan 🙂

    April 17, 2010

Leave a comment


Name*

Email (will not be published)*

Website

Your comment*

Submit Comment

Copyright © Think liike a learner...! by Yori Yuliandra