Palestina: Kita bisa berikan apa…?

https://i0.wp.com/jerusalem-gate.netfirms.com/store/nfoscomm/catalog/images/palestine-flag-tshirt.jpg?resize=139%2C108Berita di media telah dengan sangat jelas menggambarkan betapa biadabnya bangsa Yahudi, betapa tidak berperikemanusiaannya negara Israel. Seandainya pada zaman para nabi dan rasul dahulu sudah ada media seperti saat ini, maka media saat itu juga pasti diramaikan dengan kebodohan, kekejaman, dan pengkhianatan mereka. Al Qur’an dan Hadits juga dengan sangat jelas mengabadikan bagaimana hinanya karakter mereka. Lihatlah Bani Israil ini pada zaman nabi Musa a.s. dengan keangkuhan mereka. Hayatilah bagaimana kaum Yahudi ini berkali-kali berkhianat kepada Rasulullah SAW. Dan di dunia kita hari ini, mata telanjang kita juga dengan sangat bebasnya dapat mengetahui betapa tidak berperikemanusiaannya mereka.

Kalau mau dilanjutkan, mungkin kita akan kehabisan kata-kata untuk menggambarkan betapa layaknya kita untuk membenci karakter mereka. Kita teringat bagaimana rezim Hitler dengan paham Nazi-nya yang pada masa itu membunuh kaum Yahudi. Hitler pun juga sangat geram dengan perangai kaum Yahudi ini, sehingga jangan heran kalau Hitler pernah mengatakan:

“Bisa saja saya musnahkan semua Yahudi di dunia ini, tapi saya sisakan sedikit yang hidup, agar kamu dapat mengetahui mengapa saya membunuh mereka” (“Ich konnte all die Juden in dieser Welt zu zerstören, aber ich lasse ein Stück des Lebens, damit Sie wissen, warum ich sie getötet”)

Hmm… Saya bisa terbawa emosi nih… Btw, kembali ke Palestina. Apa yang bisa kita berikan kepada Palestina? (baik sebagai warga sipil yang menjunjung tinggi masalah kemanusiaan, terlebih lagi sebagai seorang muslim yang persaudaraan mereka tidak terikat oleh bangsa, negara, maupun wilayah). Ini adalah pertanyaan ilmiah logis saja yang jauh lebih baik daripada diam saja, atau mungkin juga lebih utama daripada sekedar mengutuk saja tanpa berbuat apa-apa…

1. Dana

Beberapa ayat di dalam Al Qur’an, dengan sangat jelas telah diperintahkan bahwa berjihad itu harus dilakukan dengan harta dan jiwa. Bahkan kata “harta” sering mendahului kata “jiwa”. Terlepas dari pemaknaan kata “jihad” yang dewasa ini menjadi fenomena, sumbangan harta adalah salah satu wujud nyata pengorbanan kecil kita sebagai bukti solidaritas berbangsa dan ukhuwah seaqidah. Oleh karena itu jangan lewatkan kalau ada peluang untuk berinfaq untuk saudara kita di Palestina, apapun bentuknya.

2. Doa

Kita mungkin sering terlupa bahwa kita masih punya Rabb yang Mahakuasa. Tuhan yang telah berjanji bahwa setiap doa yang dilantunkan padaNya dari hamba-hamba-Nya yang sholeh akan dikabulkan kelak. Atau mungkin kita sudah lupa bahwa Allah berfirman dalam Surat Ghafir [40]: 60

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu

Allah SWT menjamin bahwa setiap doa yang kita lantunkan akan Ia jawab. So, adakah seseorang atau siapa saja yang lebih menepati janjinya selain Allah…? Saya pernah membaca kisah-kisah keajaiban dan mukjizat di bumi Palestina selama peperangan melawan zionis Israel *terlepas dari shahih tidaknya info tersebut* boleh jadi itu adalah jawaban Allah SWT atas doa-doa tulus kita. Wallahu a’lam…

3. Demonstrasi dan aksi turun ke jalan

Sebagian di antara kita mungkin sering berdalih “Ngapain demonstrasi..? Gak ada gunanya. Kitanya capek, bisa sakit karena panas terik matahari, bikin macet, dll…” (Saya yakin sekali bahwa orang yang ngomong kek gini pasti sempit sekali pemikirannya… *maaf kalo salah) Tapi ketahuilah bahwa dukungan moral dan aksi seperti ini mempunyai arti yang sangat besar bagi mereka di sana. Ketika mereka masih melihat bahwa hampir di seluruh belahan dunia masih ada yang mendukung mereka, maka selama itu pulalah suntikan semangat dan gelora jihad mereka terus membara.

Save Palestine

Akhirnya, sepakatlah kita bahwa:

Permasalahan di Palestina bukan hanya permasalahan bangsa Palestina atau bangsa Arab saja, tetapi menjadi permasalahan bersama umat Islam di seluruh dunia, dan sekarang sudah menjadi permasalahan kemanusiaan di dunia kita. Saatnya buka mata, dan tunjukkan kontribusi nyata…

++++++++++++++++++++
Camera model: SONY DSC-W230
Date: June 6, 2010
Location: Padang Town Square.

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

Latest posts by Yori Yuliandra (see all)

46 thoughts on “Palestina: Kita bisa berikan apa…?

  1. Indonesia harus selalu mendukung dan memberikan bantuan untuk Saudara Palestina, membantu memperjuangkan kemerdekaan mereka dan mengecam peninmdasan dari Israel

  2. Semoga kepedulian umat muslim di Indonesia terus bertambah dalam berusaha membantu menyalurkan donasi kemanusian untuk saudara muslim dimanapun berada, baik di negara sendiri dan juga di negara lain yang menderita akibat perang seperti di Gaza Palestina dan Suriah saat ini. Jazakumullah khoir

  3. Yanuar says:

    Seperti halnya indonesia jaman 45… Palestina pun harus merdeka… Allah with us…

  4. ZeaGade says:

    Ya Rabbi,, betapa malunya hambaMu ini,, yg masih bisa bersendau gurau sementara saudara kami disana berjuang mati2an..
    Ya Allah berikanlah pertolonganmu pada Mujahid & Mujahidin Palestina,, berikanlah kesabaran pd mereka dan berikanlah aku petunjukmu agar bisa sedikit membantu perjuangan mereka…
    Laa khaula walaa quwwata Illaabilaahil aliyyil adzhiim..

  5. Hairullah says:

    Saya yang tak punya apa2 ini hanya mampu memberikan doa kepada israel.. Semoga israel tetap tabah di sana :”

  6. wallahi….lemahnya israel bagaikan rumah laba-laba, yg dengan mudah kita menghancurkannya. save palestina..!! wallahi billahi kejam nya israel…..sumpah kalau kita diam atas semua ini, maka tak ada bedanya kita ama hewan yg paling hina diantara hewan yang lainnya, dan bahkan lebih hina…g masuk akal tindakan israel terhadap palestina.
    kami juga nulis artikel tentang palestina. judulnya “aku anak palestina” dan “The Boy in the Striped Pyjamas” liat aja di sini lngng klik aja
    http://masamudamasakritis.wordpress.com/
    jgn lupa tinggalkan komentar juga ya…!!

  7. ipankcrew says:

    aq hanya bisa bantu do.a untuk sodara – sodara ku disana .?

    semoga do.a yang kita berikan bisa membantu sodara kita di sanna ..
    AMIN ..

    http://ipankcrew.wordpress.com

  8. dian says:

    Saya memberikan do’a saya untuk sodara-sodara kita di sana.

  9. Sumbangan dana dan lain rupa-rupa sudah banyak mengalir untuk Palestina.. secara pribadi satu pertanyaan yang harus diajukan pada diri kita sendiri:

    “Bagaimana kita bis abantu lebih jauh dan efektif bagi Palestina, bilamana diantara mereka sendiri (Hamas dan Fatah) masih saja terus berkelahi satu sama lain?”

    Sebagai saudara sesama muslim, memang wajib kita terus bisa membantu dalam konteks tatanan diplomasi dan mediasi internasional yang berlaku – namun dmeikian wahai saudaraku , seslesaikan dulu sengketa diantara kalian..

    Senang sudah bisa mampir kesini, salam hangat dari kita-kita yang bekerja menjaga perdamaian di negeri orang 😀

  10. setuju deh ama fansmaniac, kita jangan cuma sibuk mengecam dunia luar tapi juga inget untuk membenahi diri sendiri. saya juga kurang setuju dengan demo yang berujung anarki. lebih baik tuh kita shooting kita ngedukung perdamaian terus dikirim deh ke stasiun TV yang bisa diliat ama orang Palestina^^

  11. rosenrain says:

    smg diberi kesabaran dan kekuatan bagi saudara-saudara kita yang terdzalimi..

  12. semoga banyak tangan yang mau membantu.
    Baik doa dan perbuatan menolong sesama.

  13. fansmaniac says:

    menurut saya dukungan jangan hanya demo dan mengecam saja, sebaiknya turun tangan langsung dengan mengirim bantuan kemanusiaan (sudah dilakukan), obat2an dan makanan, menuntut PBB untuk membawa Israel ke Peradilan Luar Negeri, bila perlu ancam keluar dari PBB aja rame2… dan yang terakhir harus bersatu untuk membantu sahabat kita di Palestina.

    Dan yang paling penting! jangan saling musuhan antar sesama muslim didalam negeri sendiri, banyak kerusuhan antar suku maupun agama dalam negeri sendiri.. itu yg prioritas, kuat didalam baru kuat diluar..

    Nice post

  14. jagokluruk says:

    mungkin yang dimaksud alisnaik adalah demo masak, demo cuci baju, demo alat-alat masak….(jarang yang rusuh tuh…) he he

    😀

  15. alisnaik says:

    selamat pagi.

    Israel memang antagonis paling populer.

    btw, saya gak pernah demo demo,
    tapi tetap respek sama orang2 yang demo.

    asal demonya jangan berujung anarkis saja.
    gak asik kalo gitu.

    terima kasih dan mohon maaf 😮

  16. fitrimelinda says:

    mungkin saat ini yang bisa saya lakukan cuma mengirimkan do’ untuk sodara2 kita dipalestina…

  17. secupu-cupunya negara terbelakang, masih cupu negara Israel.. FREE PALSTINE!!
    salam hangat.

  18. radesya says:

    save palestine …, di sini aku hanya bisa berdoa kak, pengen jadi relawan sebenarnya, semoga Allah memberikan yang terbaik buat mereka di sana, amin..

  19. lia sikupu says:

    Di harian R kemarin, ada feature dengan judul ‘Banyak Cara Membantu Gaza’. Di dalamnya dikatakan bahwa Gaza senang dikunjungi dan didukung perjuangannya namun saat ini mereka lebih membutuhkan dana tunai. Mereka tahu cara membeli kebutuhan pokok meski blokade Israel menggila.

  20. haii..haiii..
    ada pelangii disini.. hohohoho,, apa kabar kawan??
    mampir dunk ke blog pelangii..
    mari kita berbagi pengalaman…

    http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/06/01/ibu-pertiwi-janganlah-kau-menangis-kembali-2/

    kasih komentar ya untuk tulisan pelangiii..
    terima kasih banyaakk ^^/

  21. saya turut mendoakan aja deh
    ga tega ngelihat penderitaan orang-orang di palestine

  22. desicandra says:

    Doaku untuk saudaraku di Palestina: Semoga Allah menguatkan iman di dada2 mereka dan semoga Allah segera memberikan jalan keluar terbaik untuk mereka. Amiin.

  23. sunflo says:

    aq baru bs berikan doa Yo..

  24. Asop says:

    Kok… negara2 arab diam aja ya.. 😐

    Kaum zionis israel emang udah menguasai dunia ya, sampe2 PBB ga berkutik…. 🙁

    1. novi says:

      kita nya aja yang belom tau kali, krn ga diekspos aja…

  25. kezedot says:

    doa dan berharap suatu saat nanti palestina yg selalu bisa mengalahkan musuh musuhnya
    salam dalam persahabatan

  26. Komo says:

    Sebagai Muslim Indonesia, kita harus membela rakyat Palestina yg tertindas. Tetapi sebagai Muslim Indonesia yg punya Santun kita harus bertindak sesuai dgn Adat & Budaya Indonesia, dan tdk bertindak dgn membawa Budaya Bangsa Arab yg selalu mengedepankan kekerasan.
    Karena jika tidak, kita tdk akan ada bedanya dgn Negara Israel itu sendiri.

  27. zhie says:

    zhie just can pray to Allah kak…
    agar semua saudara kita di palestine di ber kesabaran…
    insyaAllah surga sudah menanti para mujahid 😉

  28. Apapun itu, berikanlah yang terbaik untuk saudara-saudara kita disana. Semoga Allah melindungi saudara kita di Palestina.
    Allahu Akbar

  29. Delia says:

    Kapankah ini berakhir 🙁
    Lia selalu berdoa semoga ini segera berakhir…
    apa yang lia buat… Allah Swt tahu itu

  30. deady says:

    kalo aksi turun ke jalan mah ngebikin macet
    bagaimana kalo turun ke suatu lapangan di tengah kota

    nah, pertanyaannya adalah
    ada gak ya yang kek gitu?

  31. Ifan Jayadi says:

    Hanya doa yang bisa terucap untuk saudara2 kita di Palestina. Semoga Allah SWt berikan kekuatan dan kesabaran kepada mereka menghadapi kehidupan yang berada di bawah tekanan Israel

  32. Mbah Jiwo says:

    secara ekonomi : membuat (memproduksi) barang dagangan yg baik secara kualitas sebagai alternatif barang yahudi.

    bisa ngga?

    1. usulan bagus mbah… mungkin sudah mulai dijalankan…

  33. Tary Sonora says:

    yang mampu kita berikan sekarang mungkin sedikit materi, support dan tenunya berjuta-juta doa untuk saudara kita disana.

  34. Si Paijah says:

    capek banget mendengarkan peperangan dan kejahatan, semoga segera tercipta damai di bumi yang cuma satu ini

  35. aku hanya bisa berikan doa saja,
    dan, bila doa kita kaum muslim makin banyak ,insyaallah makin besar kans utk dikabulkan,amin
    salam

  36. fara says:

    sepakattt,,,
    sebisa mungkin mendukung kemerdekaan palestina,,
    #freedomflotilla

  37. orange float says:

    sedih juga melihat kehidupan mereka disana, sampai kapan peperangan ini akan berakhir

  38. free palestine …

    rapatkan barisan untuk palestine … ^_^

  39. farus says:

    aku hanya bisa berdoa semoga allah swt memberi hukuman yang setimpal kepada israel

  40. ImUmPh says:

    Iya… do’a itu lebih mujarab….
    Do’a yang ikhlas, khusyuk, dan suci.

  41. aq hanya bs berikan doa…

  42. aku akan jadi pengusaha kaya lalu menyumbang 8 milar rupiah ke palestina. aku akan bikin mafia atau mengebom israel.

  43. jagokluruk says:

    Pertamax….ha ha ha

    Akhirnya gambarnya nongol juga…

    SAVE PALESTINE….

    like this…!!!!

    *sila cek gambar yg saya buat…xixixi

Don't forget to give comment and questions :)