33 comments


  • Makanya saya ga mau minum antibiotik

    April 30, 2011
    • Kepatuhan pasien sangat menentukan dalam keberhasilan terapi. Nyaris 100% dari kasus kegagalan pengobatan penyakit TBC adalah karena tingkat kepatuhan pasien rendah. Artinya, jika kita menerima resep yang ada antibiotiknya, maka menggunakannya harus patuh…

      May 02, 2011
  • Semoga saya jangan sampai meminum obat antibiotik, cukup dengn sehat saja deh, ๐Ÿ˜†

    April 22, 2011
  • yg saya tahu
    jangan sembarangan minum antibiotik ๐Ÿ˜€

    April 18, 2011
  • apakah analgesik termasuk antibiotik??
    soalnya sy selalu dpt obat itu klo lg sakit??

    April 18, 2011
    • analgesik = obat antinyeri = obat pereda nyeri = obat penghilang rasa sakit/nyeri, tidak dapat membunuh bakter/kuman

      analgesik jelas berbeda dengan antibiotik
      antibiotik = obat untuk membunuh bakteri penyebab penyakit, tidak menghilangkan rasa sakit

      April 18, 2011
  • jangan banyak2 pake antobiotik. kalo herbal dan imunitas tubuh bisa, ngapain juga pake antibiotik. gitu kan, gan?

    April 17, 2011
  • antibiotik dg imunisasi itu sama gk?

    April 16, 2011
  • Saya sering malas ngabisin antibiotik yang dikasih dokter. Hmm, jadi resisten ya?

    April 14, 2011
    • Iya, tindakan kolektif seperti inilah yang menyebabkan terjadinya resistensi antibiotik. Yang dirugikan bukan hanya pasien sendiri, tapi dunia kesehatan global secara umum

      May 02, 2011
  • “Obat sepasang” biasanya dibeli warga kampungku di warung. Ampicillin dan AsMef. Belinya juga sebiji2 aja ๐Ÿ™

    April 14, 2011
    • lho… gimana tuh, bantuin dong warga kampungnya…

      April 22, 2011
  • semoga dunia pengobatan berkembang, obat makin aman dan tokcer ngatasi penyakit… ๐Ÿ™‚
    semangat! do the best… ๐Ÿ˜‰

    April 14, 2011
  • Katanya kalo antibiotik gak diminum sampai habis, kita justru jadi tambah sakit ya…betul?

    April 14, 2011
    • kalo gak diminum sampai habis, penyakit bisa menjadi lebih kebal terhadap obat. So, kalo dikasih antibiotik harus dihabiskan meskipun seolah2 penyakitnya sudah sembuh

      April 22, 2011
  • sampe sekarang aku ga pernah minum antibiotik ๐Ÿ™
    alhamdulillah kalo lagi sakit, cukup kerokan aja *gagal pencitraan*
    nyahahaaha

    April 14, 2011
  • saya meminimalkan penggunaan AB apalagi untuk anak2

    April 13, 2011
    • iya, antibiotik jangan dibeli sendiri. Antibiotik harus diperoleh berdasarkan resep dokter/setelah diperiksa oleh dokter sehingga penggunaannya berdasar, yaitu karena pasien butuh antibiotik untuk mengatasi infeksinya.

      Kaidahnya sama aja, baik bagi anak-anak maupun dewasa: hanya gunakan obat jika diperlukan, dan jika obat diperlukan maka gunakanlah obat

      April 22, 2011
  • Nyimak dulu…tapi aku sih selalu mencoba menghindari minum antibiotik…mending pindah ke herbal…:)

    April 13, 2011
    • antibiotik hanya digunakan untuk pengobatan penyakit infeksi sehingga jika pasien diresepkan obat antibiotik ini (ketika pasien sedang menderita penyakit infeksi) maka penggunaannya harus tepat dan patuh. So, tidak ada urusan hindar-menghindari…

      Penggunaan obat-obat herbal yang belum teruji dalam mengatasi penyakit infeksi justru akan memperburuk keadaan

      April 18, 2011
  • pemberian antibiotik rasional harus benar2 dipahami dokter, dan pasiennya harus dijelasin dulu.
    tapi susahnya ngontrol kepatuhan 2 pihak itu.
    *saat ini saya masih dipihak kedua, pasien yg tidak pernah menghabiskan antibiotiknya #pengakuandosa

    April 13, 2011
    • dokter tidak punya cukup waktu untuk berinteraksi lebih banyak dengan pasien terkait dengan obat yang mereka terima, semestinya apoteker mengambil perannya di sini, dan dokter alangkah lebih baiknya menyarankan kepada pasiennya: “konsultasikan segala sesuatu tentang obat yang anda terima dengan apoteker anda”

      April 22, 2011
  • nyimak dulu sambil memahami…. ๐Ÿ˜€

    April 13, 2011
  • Sya

    Makanya kalau minum antibiotik harus teratur dan sesuai petunjuk dokter ya.

    April 13, 2011
  • saya juga selalu menekankan untuk soal antibiotik ini.. apalagi sama pasien bandel yang memperlakukan antibiotik seperti analgesik ๐Ÿ˜ก

    April 13, 2011
    • Iya, antibiotik itu kan pengobatan kausatif, praktis berbeda dengan analgetik yang merupakan contoh penanganan simtomatis

      May 02, 2011
  • masih harus lebih banyak membaca tentang antibiotik ternyata saya nya nih ๐Ÿ™

    April 13, 2011
  • Aku selalu berusaha menghabiskan antibiotik yang diberikan dokter. Tapi berapa banyak ukuran yang pas untuk mematikan suatu bakteri itu โ“ karena saya sendiri biasanya cuma dikasih 10 kaplet sedang anak saya diberi satu botol sirup yang harus diberi air matang dulu.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    April 12, 2011
    • kalo jumlah pemberian antibiotik tentu sudah dipertimbangkan dokter sesuai dengan lama penggunaan yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit. Tapi secara umum, minimal antibiotik digunakan selama 3 hari meskipun ada juga pemakaian untuk 20 hari bahkan setengah tahun.

      Jadi, lama penggunaan antibiotik tergantung kepada jenis antibiotik yang diminum dan penyakit/bakteri penyebab penyakit tersebut.

      April 14, 2011
  • Tertarik dengan soal resistensinya karena penggunaan di masyarakat masih ada yang salah, orang biasanya berhenti menggunakan obat ketika gejala sudah berkurang..
    Baiklah menunggu ulasan berikutnya..

    April 12, 2011
    • Iya, meskipun kelihatannya penyakit yang diderita sudah sembuh tapi pasien tidak dapat mengetahui bahwa sebenarnya bakteri yang menginfeksi mereka belum mati sehingga obat antibiotik harus tetap diminum sesuai dengan jumlah yang diresepkan

      May 02, 2011
  • antibiotik merupakan penemuan yang sangat penting, wah apalagi jika memang pernah menewaskan 1/5 manusia bumi, bisa2 alien yg nginap di bumi lagi ๐Ÿ˜€

    April 11, 2011
  • emm… masih blum mudeng pas antibiotik itu. tapi aku tau-lah. kan pernah minum. *lho.. ga nyambung.. heheh

    PERTAMAAAAXX :mrgreen:

    April 11, 2011

Leave a comment


Name*

Email (will not be published)*

Website

Your comment*

Submit Comment

Copyright © Think liike a learner...! by Yori Yuliandra