Vena juguler

Vena juguler (jugular vein) adalah salah satu pembuluh darah yang terdapat dalam tubuh. Pembuluh vena ini berfungsi untuk membawa darah dari daerah kepala kembali ke jantung. Hmm… mungkin tidak ada yang begitu spesial dengan pembuluh darah yang satu ini, kecuali bahwa beberapa tahun yang lalu penelitian yang saya kerjakan mengharuskan saya memasukkan suatu kanula (suatu pipa) yang sangat kecil ke dalam pembuluh darah vena juguler yang bahkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan kanula tersebut. Proses inilah yang disebut dengan kanulasi.

Namun, hari ini, pembuluh darah “vena juguler” ini kembali menjadi spesial bagi saya ketika saya membaca suatu jurnal ilmiah tentang jantung dan pembuluh darah (International Journal of Cardiology). Cukup mengejutkan bagi saya ketika ada suatu jurnal ilmiah internasional yang dalam pembahasannya mengutip salah satu ayat Al Qur’an:

jugular vein quran

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS Qaaf [50]: 16)

Hal yang membuat takjub adalah ketika saya membaca bahwa jika ayat Al Qur’an di atas ditransliterasi ke dalam bahasa Inggris dan dikaitkan dengan tinjauan ilmiahnya, maka kalimat dari ayat ini adalah:

“We created manβ€”We know what his soul whispers to him: We are closer to him than his jugular vein” (The Qur’an: A new translation by M.A.S. Abdel Haleem, vol. 50. Oxford University Press; 2005. p. 16. Translated by M.A.S. Abdel Haleem)

Allah itu dekat, sangat dekat…

READ ALSO:  My appwiz.cpl

Rasanya tidak ada yang lebih dekat dibandingkan dengan vena juguler kita. Tapi ternyata Allah SWT lebih dekat darinya. Allah mengetahui apa yang kita pikirkan, dan Allah SWT juga mengetahui apa yang hati kita bisikkan… Subhanallah…

cannula rat
tikus percobaan dalam keadaan teranastesi dipasangkan kanula pada vena juguler. (Gambar diambil dari koleksi pribadi ketika melaksanakan penelitian bidang farmakologi dengan topik seputar penyakit hipertensi pada tahun 2007)

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

Latest posts by Yori Yuliandra (see all)

24 thoughts on “Vena juguler

  1. jasmineamira says:

    Allah lebih dekat dari urat nadi manusia
    subhanallah

  2. kikiriska28 says:

    ya ampuuun da,,,,
    tambah ngeri jdnyaa….
    kasian sekali tikus itu.. hiks hiks… πŸ™

    1. Lho kok kasian…? Tikusnya aja bahagia kok.
      Mereka bahagia karena bisa berkontribusi untuk peradaban manusia.
      Mereka bilang gini:

      Wahai manusia, hanya inilah yang bisa kami berikan kepada kalian. Semoga kalian mendapatkan kebaikan dari hidup yang telah kami korbankan untuk kalian

      1. lovira137 says:

        wkwk,,rasa kebinatangan kiki muncul πŸ˜›

    1. Tikusnya nggak boleh mati sebelum data-data tentang jantungnya diperoleh.
      Jadi tikus ini nggak mati, melainkan dianastesi, itu tuh kayak manusia yang dioperasi, kan harus dibius dulu dan selama operasi dijaga biusnya supaya tidak tersadar dan supaya tidak merasakan sakit. Setelah semua data selesai diambil/direkam dari tikus tsb, barulah kemudian ia dikorbankan (baca: dibunuh) *ini bagian yang paling menyedihkan πŸ˜₯
      Tapi, semua ada etikanya kok… bekerja dengan makhluk hidup ada etika dan SOPnya… πŸ™‚

  3. monda says:

    melihat foto bawah itu kok ya merinding

  4. dhila13 says:

    merenung uda baca ini…

  5. zhaomoli says:

    Lagi-lagi bukti adanya Allah Swt…
    great post!

  6. Sugeng says:

    Subhanallah…..
    Ternyata ada korelasi nya antara bukti ilmaiah dengan bukti agama. Semoga postingan ini bisa membuatku lebih ingat kepada NYA.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  7. saptriyawati says:

    sungguh luar biasa ada jurnal ilmiah yang menghubungkannya dengan Al-Quran,. apa sang penulis seorang muslim?

    1. Iya sepertinya. Penulisnya: Marios Loukas,Yousuf Saad, R. Shane Tubbs, dan Mohamadali M. Shoja. Jurnal ini diterbitkan pada International Journal of Cardiology 140 (2010) 19–23 dengan judul
      The heart and cardiovascular system in the Qur’an and Hadeeth

  8. liza says:

    yang diatas blog liza yang lain πŸ˜€

    1. penelitian waktu itu adalah pengukuran tekanan darah secara langsung dan simultaneously. Jadi arteri karotidnya dikanulasi dan dihubungkan ke alat dan komputer untuk perekaman data jantungnya, sedangkan vena jugulernya dikanulasi untuk memasukkan cairan infus dengan komposisi tertentu

  9. inongaceh says:

    subhanallah.. merinding saya membacanya uda…jarang sekali saya mendapatkan jurnal yang mengandung ayat Alquran di dalamnya. ohya, kebetulan saya baru selesai stase kardio uda. btw. untuk apa pemasangan kanul itu uda?

  10. Postingan yg keren
    Ilmiah dan spiritiual yg menawan πŸ™‚

  11. syandrez says:

    subhanallah. I really really like this simple post. Jugular vein in human (as i study it in anatomy) is very very important. That’s the central vein that brings the rich-CO2 blood from the head especially from the brain which comes from the thousand of vascular branches.. it will come to superior cava vein after all. If someone has a blood pressure or vascular problem something else, the jugular vein is the first easier step to look the abnormalities. We could find it when we got angry or stressed. And if that vein is broken, u will gonna die as well.

    that’s what i know. so, i think if Allah is nearer than it, we must know that He is Really near with us.

    =maaf kalau salah2 englishny da, maklum bru blajar..hhe=
    LIKE THIS

    1. Great… what a complete explanation
      I didn’t know that much about jugular vein before.
      Thanks πŸ™‚

  12. Susi says:

    Bukti ilmiah yang sangat dekat dengan bukti religi. Wow!
    Kecuali…. ya, setuju dengan mas Asop, rasanya pindang Srani yang baru saja saya makan ingin keluar. πŸ™

    1. fotonya biasa aja lagi *bagi yang udah biasa :mrgreen:
      bagi-bagi dong pindah sraninya…

  13. Asop says:

    Aduuuuh foto terakhir bikin hilang mood!!! 😑

  14. Agry says:

    Assalamualaikum Uda,

    “Rasanya tidak ada yang lebih dekat dibandingkan dengan vena juguler kita. Tapi ternyata Allah SWT lebih dekat darinya. Allah mengetahui apa yang kita pikirkan, dan Allah SWT juga mengetahui apa yang hati kita bisikkan… Subhanallah”

    Subhanallah.. semoga kita semua selalu dekat dan berserah diri kepada-Nya.. Ditengah cobaan sekalipun, the ‘NO’ answer from God for my prayers is a YES for my best future.. I believe it, Bismillah…

    Agry kembali berkunjung uda, semoga semakin berkenan..
    izin blognya uda di link ya, biar gampang buat silaturahmi πŸ™‚

    1. Wa’alaykumussalam…
      what a kind proverb you wrote above πŸ™‚

Don't forget to give comment and questions :)