25 comments


  • Saya antara pembaca tegar blog dari Msia… terus terang kata…
    saya minat blog awak… walaupun nampak cam simple..
    idea awak memang menarik… tahniah 🙂

    August 17, 2013
  • Thank artikelnya sangat membantu… semoga bisa jadi pelajaran yang berharga buat ibu2x hamil lainnya

    September 30, 2012
  • Mengenang Tetrasiklin, gigi item 😀

    September 24, 2012
  • Septri Jayanti

    Wah, sayang sekali baru baca post ini.. padahal waktu KKN saya “diminta” menghadapi ibu-ibu hamil dan menjelaskan tentang obat-obat berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui..(tapi yang tersampaikan hanya untuk ibu-ibu menyusui saja…tapi dasar error nggak liat-liat kalo yang datang ibu-ibu hamil bukan yang lagi menyusui…)

    Namun, semoga bermanfaat untuk lain kali..

    syukron ilmunya ,Da…

    August 03, 2012
  • Sebenarnya mesti dianamnesis secara lengkap sejak awal pasien datang ya.
    Hayo… siapa tuh yang menganamnesis pasiennya, kok sampai2 pasien lagi hamil gak ketahuan. Hehe… 😳

    November 14, 2011
    • Hehe… Ada beberapa kemungkinan…
      – tukang anamnesis nggak nanya karena pasien yg ngantri udah banyak
      – hamil baru bbrp minggu tdk akan ketahuan secara kasat mata
      – kali aja pasiennya nggak ngaku hamil ketika ditanya :mrgreen:
      – atau tukang anamnesis lupa kalo obat ini punya catatan perhatian thd kehamilan
      *analisa orang awam :mrgreen:

      November 14, 2011
  • mantap nih artikelnya buat ibu yg sedang mengandung…

    November 12, 2011
  • seorang ibu hamil, wajib banyak mengetahui hal-hal di atas ya, keren

    November 11, 2011
  • Hanya obat dari dokter yang boleh diminum oleh ibu hamil. Jangan sampai minum obat yang dijual diwarung-warung. Karena sebagian orang tak akan pernah paham akan kandungan obat tersebut, sehingga sangat rawan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

    November 11, 2011
  • soalnya ibu hamil itu g boleh sembarangan makan obat ya, Da?
    bisa berpengaruh terhadap janinnya.

    November 10, 2011
  • klu obat pengontrol asam lambung harus diberikan kpd si ibu maka resiko apa yg akan terjadi pada bayi nya da yori?
    terimakasih jawabannya.. *konsultasi gratis kan ini*

    November 09, 2011
    • Sebenarnya ada beberapa golongan/jenis obat pengontrol asam lambung dengan kategori keamanan yang berbeda dan tentunya dengan karakteristik yang berbeda. Misalnya: ada yang dapat diabsorbsi ke dalam darah namun ada juga yang tidak diserap dan bersifat lokal saja; ada yg dapat melintasi sawar plasenta ada juga yg tidak; ada beberapa jenisnya yang dapat mempengaruhi keseimbangan elektrolit sehingga dilarang digunakan untuk ibu hamil karena dapat membawa resiko keguguran; dan lain sebagainya…

      Karena banyak sekali obat dengan resiko yg belum diketahui terhadap kehamilan dan janin, maka cukuplah kiranya kategorisasi A, B C,D, dan X tersebut yang menjadi panduan umum dalam mengkonsumsi obat

      November 12, 2011
      • Hafshah Zone

        uhm….baru ngobrak-abrik n jalan2 blog (aka blogwalking,hihi ^^),,
        waah, kalo obat pengontrol asam lambung ada yang AMAT SGT BERBAHAYA looh bagi ibu hamil…jadii, mesti hati2 jugak….

        obat pengontrol asam lambung yang off label (non BPOM approval) yang justru dimanfaatkan buat abortus…
        nda mw jugak siy menyebutkan jenis obatnya di ‘alam terbuka’ seperti niy, soalnya takut disalah gunakan…heuuu (curigaan ajah)
        tapiii, pd beberapa kasus terminasi kehamilan (baik krna postpartum haemoragic ataupun ekslampsi dan keadaan lain yg mengharuskan di-terminasinya kehamilan), justru digunakan obat tsb…yg BPOM aproval nya itu utk obat pengontrol asam lambung….

        so, kalo lagi hamil, tanya apoteker ajaaahhh…
        (wlupun apoteker juga banyak yg kurang PD dengan ke-apoteker-an nya)
        hihi….

        January 26, 2012
  • ngeri yaa…kasian anak2nya…mudah2an dengan artikel ini bisa jadi pelajaran berharga khusus untuk ibu2 hamil yaa..

    November 09, 2011
  • postingan ini sangat penting, bukan hanya untuk para istri, tetapi juga suami
    s u n g g u h

    November 09, 2011
  • ikut menyimaik. 🙂
    oh, ya, sebenarnya obat itu adalah racun yang tepat ya?

    November 09, 2011
    • yepp, obat adalah “racun” yang tepat. Tepat obatnya, tepat dosisnya, tepat waktunya, tepat pasiennya, dan tepat lama penggunaannya. Meleset aja salah satunya jadinya racun

      September 23, 2012
  • pertamax 🙂

    November 09, 2011
    • keduax kaleee… :p

      November 09, 2011
      • pertamax setelah makan dagiang di hari rayo aji..

        November 10, 2011
  • klo sedang mengandung memang hrs hati2 banget ya, uda..

    November 09, 2011
    • banget. kan banyak obat yang bisa menembus barier plasenta dan ‘meracuni’ si janin yang siapa tau lagi proses pembentukan bagian2 tubuhnya.

      @bg yori : makasih utk tulisannya bg, lagi belajar ini nih.
      trus kalo ngontrol hiperemesisnya amannya pake apa bg?

      November 09, 2011
      • beberapa hiperemesis masi terkategori B, ice…^^
        tapii sebaiknya, kalo udah hiperemesis gravidarum baru dikasi,
        kalo mualnya nda parah2 amat, sebaiknya nda usah dikasi, soalnya lebih baik mengurangi konsumsi obat-obatan…
        selain itu, SANGAT TIDAK DIANJURKAN bagi ibu2 hamil untuk mengkonsumsi jamur gendong… soalnya kadang (tidak semua loh, tapi kadang2) suka ditambahin kortikosteroid yang efeknya jauh lebih parah dari pada khasiatnya buat ibu hamil…
        yaaah, timbang2 risk and benefitnya laah…

        lain kasus kalo si ibunya PE/ekslamsia, ini mesti diterminasi kehamilannya kan yah? tapii, kalo masi kurang dari 35 minggu sebaiknya jangaaan, soalnya kan belum mateng paru2 bayinya buat bisa nafas sendiri…
        tapiiii, kalo memang harus diterminasi, si bayi mesti dikasi kortikosteroid, biar pleuranya ngembang…

        tokolitik jugak diperlukan jika memang terancam abortus. biasanya dokter2 suka pake obat2 tertntu buat ngambil efeksampingnya ajah (non BPOM approval) kayak nifedipin, MgSo4, anti prostaglandin, dan channel beta yang menurunkan kontraksi di uterus…

        *ehhh, ndak nyadar udah nulis panjang lebarrr..hehehe…
        insya Allah mw bikin tulisan yang kek gini juga aaahhhh…
        masi baru2 kluar oven, jadi masi anget di ingatan…hihihi…

        *mohon diperbaiki jika salah yaaaahhh Ice…

        November 10, 2011
      • hoo iyaaa, tambahan atu lagiii…..
        kalo lagi pembentukan janin itu kan di trimester 1…
        berarti yang kenak obat2an yang berakibat kecacatan pada janin itu di trimester 1…

        kalo di trimester 2-3, lebih banyak ke gangguan fungsional, kayak jantung, paru etc….
        kejadian kelainan jantung kongingetal di sini gak yah? hee…
        *malah balik nanya….

        November 10, 2011
      • @micelia: tuh sudah dijawab sama @hafshahzone….
        Thanks for you both 🙂

        November 12, 2011

Leave a comment


Name*

Email (will not be published)*

Website

Your comment*

Submit Comment

Copyright © Think liike a learner...! by Yori Yuliandra