[VIVA.co.id] Wajah baru, kenyamanan yang lebih baru

VivaNewsStatistik pengunjung blog saya tiba-tiba melambung beberapa kali lipat lebih tinggi dan menempati predikat “busiest day” tepat pada hari ketika salah satu tulisan saya nongol di halaman utama vivanews.com. Meskipun traffic pengunjung bukanlah hal utama dalam personal – noncommercial blog seperti blog saya ini, hal tersebut dengan serta merta menjadi kebanggaan (atau lebih tepatnya: kesyukuran) tersendiri dan menjadi motivasi untuk lebih rajin menulis dan berbagi. Itulah VIVAlog, sebuah fitur yang sangat saya apresiasi dari VIVAnews sebagai satu-satunya portal berita nasional yang dengan jeli dapat memfasilitasi para blogger dan citizen journalist dengan perspektif yang berbeda. Sejak saat itu, VIVAnews menjadi begitu spesial bagi saya. Dan belakangan ini ada kabar gembira dari VIVAnews, yaitu bahwa VIVAnews punya wajah baru lengkap dengan domain barunya di VIVA.co.id.

Sebagai blogger dan webmaster yang sering bermain dengan design dan web administration, ada beberapa hal yang menarik bagi saya untuk dibahas terkait dengan wajah baru VIVA.co.id dalam hal appearance dan performance. Meskipun wajah lamanya mungkin tidak bisa diakses lagi secara publik untuk dapat diperbandingkan, setidaknya beberapa hal secara visual masih melekat dalam ingatan saya sebagai pengunjung setia portal VIVAnews. So, mari kita bedah wajah baru VIVA.co.id 

TAMPILAN VISUAL DAN LAY-OUT SECARA UMUM

#Background dan warna utama yang sangat Indonesia

Jika dipandang secara keseluruhan dan utuh, halaman utama home page dari VIVA.co.id lumayan sejuk dan nyaman di mata. Background halaman web yang berwana putih terlihat sangat padu dengan warna merah yang sangat ikonik bagi VIVA: sangat Indonesia. Semangat ini juga barangkali yang menyertai perubahan nama domain portal VIVA dari VIVAnews.com menjadi VIVA.co.id yang juga sejalan dengan wacana promosi domain co.id untuk situs dalam negeri.

#Headline dan berita video

Ada 2 hal yang sangat menarik perhatian ketika membuka home page VIVA.co.id, yaitu headline pada bagian atas, dan berita video yang berada tepat di bagian bawahnya. Headline berita pada bagian atas sangat menarik karena disertai dengan gambar yang cukup besar dengan watermark VIVANEWS pada bagian sudut kiri atas. Berita-berita headline dipasang dalam bentuk slider dimana item berita yang dimunculkan dapat berganti dengan sendirinya atau diganti manual oleh pembaca sesuai dengan keinginan. Pada bagian bawah, terdapat berita video yang diposisikan tepat di bawahnya. Kedua item ini saya anggap sebagai fitur yang sangat eye-catching bagi pembaca.

READ ALSO:  Rumah Gadang

headline

Aspek lain yang sangat dapat saya rasakan pada wajah baru VIVA.co.id adalah kemudahan dalam penjelajahan berita. Misalnya pada bagian sidebar, bagian footer halaman utama, maupun pada bagian footer halaman portal yang dilabeli dengan “Jelajah Portal VIVA”.

#Sidebar

tabbed Sebagai portal berita online yang mempunya banyak kanal dan dengan update berita yang cepat, VIVA.co.id mestilah mempunyai konten berita yang sangat banyak. Karenanya, pengorganisasian dan pengaturan tata letak berita sangat menentukan dalam kenyamanan dan kemudahan pembaca dalam mengakses setiap berita. Misalnya pada sidebar, ada satu kolom yang sangat saya sukai, yaitu kolom berita terbaru dan berita terpopuler yang dibuat dalam bentuk tabbed, sehingga tidak memakan tempat yang terlalu banyak. Pembaca dengan mudah dapat melihat dan membaca apa berita terbaru dan apa berita yang terpopuler dari semua kanal dan portal VIVA: ada berita politik nasional, dari olah raga, berita bola, dan lain sebagainya. Superb sekali.

#Footer

Footer yang terdapat pada bagian paling bawah halaman utama terasa sangat membantu dalam mengetahui sitemap keseluhan portal yang dimiliki VIVA.co.id. Secara sekilas dapat terlihat bahwa VIVA.co.id merupakan portal dengan saluran yang sangat banyak dan semuanya dapat diakses dari footer tersebut. Masing-masing kanal/portal juga dilengkapi dengan submenu sehingga pembaca bisa langsung memilih kategori yang sesuai untuk masing-masing portal.

footer

#Jelajah Portal VIVA

Khusus pada halaman portal (misalnya VIVAbola), juga terdapat kolom yang diberi nama “JELAJAH PORTAL VIVA” pada bagian bawah. Kolom ini juga sangat membantu pembaca yang ingin membaca berita dari portal VIVA lainnya ketika berada pada salah satu portal. Kolom ini pun juga dilengkapi dengan opsi “terbaru”, “terpopuler”, “pilihan”, dan opsi lainnya. Sangat membantu dalam penjelajahan.

READ ALSO:  The World No Tobacco Day: Kita harus berbuat

jelajah portal

LOGO PORTAL VIVA YANG SANGAT ATRAKTIF

VIVA.co.id mempunyai beberapa portal berita untuk dijelajah oleh para pembaca seperti VIVAnews, VIVAbola, VIVAlife, VIVAsocio, dan beberapa portal lainnya. Semua portal ini dapat diakses dari halaman utama dengan tata letak yang sangat apik.

logo portal viva

Hal yang membuat portal berita VIVA menjadi lebih menarik adalah logo dari masing-masing portal yang sangat atraktif dan dikemas dengan warna yang berbeda dan tentunya juga dengan icon yang sangat khas dan menggambarkan portal itu sendiri. Misalnya icon portal VIVAlife yang mempunya icon menyerupai tas yang mencerminkan life style; VIVAlog dengan simbol buku catatan sebagai tempat berbagi dan mempromosikan catatan blog dari pengguna; atau VIVAforum dengan simbol percakapan. Terlihat sekali bahwa VIVA sangat memikirkan tentang aspek visual dengan membuat icon dan warna yang berbeda pada masing-masing logo portal sehingga dapat dengan mudah dikenali oleh pembaca.

PENGELOLAAN IKLAN

Iklan-iklan yang terdapat para portal VIVA.co.id perlu dilihat dari 2 aspek: jumlah dan sifat. Dalam hal jumlah iklan, satu halaman VIVA.co.id mempunyai iklan yang tidak begitu banyak, dan ini bagus bagi pembaca. Sudah bukan rahasia lagi bahwa file iklan yang kebanyakan berupa animasi dengan file extension .swf (shockwafe flash object) adalah suatu dokumen dengan rata-rata ukuran file yang lebih besar dibandingkan dengan dokumen gambar secara umum. Hal yang membahagiakan terkait dengan iklan ini adalah bahwa VIVA.co.id sepertinya sangat memperhatikan konsekuensi logis akibat banyaknya iklan yang berseliweran pada portal berita online dengan memasang iklan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Saya tetap acungkan jempol buat VIVA.co.id dalam hal pengelolaan dan lay-out iklan pada halaman web portal berita: sangat rapi dan tata letak yang tidak mengganggu kenyamanan pembaca dalam membaca berita, baik pada home page, maupun halaman untuk masing-masing berita. Selain itu, iklan-iklan ini juga tidak bandel dan beberapa di antaranya bisa ditutup dan tidak muncul lagi. Pengelolaan iklan di halaman portal VIVA juga tidak mengganggu performa dan kecepatan dalam memuat (loading) berita. Saya sangat sadar bahwa iklan barangkali adalah “nyawa” dalam pengelolaan portal berita online, tapi kenyamanan pembaca tentu menjadi prioritas utama bukan??? Saya hanya khawatir saja nanti seandainya separuh konten dari halaman web portal berita sudah dipenuhi oleh iklan dengan berbagai warna yang “merusak” mata, dan juga mengancam kuota, hehe… Jadi, kesimpulan saya untuk hal iklan: iklannya sudah lumayan cukup, jangan ditambah lagi yaa, hehe…

READ ALSO:  Menyongsong kemerdakaan farmasi(s)

EMPTY SPACE???

Pada bagian sidebar yang terdapat pada sebelah kanan, terkadang saya menemui ada space yang kosong terutama pada bagian bawah. Bahkan kadang ruang kosong ini berukuran cukup besar

empty space

Hmm… awalnya saya berpikir bahwa empty space ini sepertinya agak mubazir. Tapi nggak apa-apa juga, setelah dipikir-pikir lagi lebih baik dikosongin daripada nanti dipasangin iklan-iklan. Haha, saya keknya kok benci iklan gitu ya.

Akhirnya, sepertinya saya dapat menyimpulkan bahwa inovasi wajah baru VIVA.co.id ini sangat bagus dan layak diapresiasi, dan tidak berlebihan kalau saya bilang jauh lebih menarik dan lebih nyaman dibandingkan dengan wajahnya yang lama. Selamat datang wajah baru VIVA.co.id

Viva la VIVA.co.id, teruslah berinovasi…!

twitter_viva.co.id_contest

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

29 thoughts on “[VIVA.co.id] Wajah baru, kenyamanan yang lebih baru

  1. Blognya bagus dan artikelnya menarik. Oya teman-teman blog, mampir ke lapak saya ya. Salam. http://globalenglishclubkhaskempek.wordpress.com/

  2. Isnuansa says:

    Yak, kalau portal kebanyakan iklan, malas juga bacanya.

    Apalagi kalau pop up di sana sini. Hehehe..

    (nggak malu ya saya ini ngeluh soal iklan, padahal blog sendiri, ….)

  3. 'Ne says:

    oke kok reviewnya bikin orang jadi pengen buka situsnya hehe..

    sukses ya Yori.. maaf baru sempat main ke sini 😀

  4. hendrik says:

    lebih user friendly ya

  5. adi pradana says:

    wah,selamat ya dapat modem esia…

  6. niee says:

    *langsung daftar vivalog*

    btw.. semoga menang yak kontesnya 🙂

  7. Viva News semakin keren dan mantap….thanks

  8. ded says:

    Ulasan nya sangat bermanfaat Uda. Terima kasih…. 🙂

  9. yisha says:

    kaka, yisha pengin………………
    bikin yisha sehebat dong……….

  10. selama ini sih untuk portal berita, saya lebih nyaman dengan detik. Tapi sepertinya fitur vivalog cukup menarik bagi blogger seperti saya. Patut untuk dicoba.

  11. bams says:

    details.. “gud review”

  12. NyNuN says:

    waahhh cool udaa….hehehhehe….
    congrats yaakkk…xixixi

    1. thanks. Ya, VIVA.co.id is cool..

  13. Lani says:

    Wiiiiii…….. subhanallah… ngeri daa d> <b

    1. Ngeri?
      Horrible atau terrible…? 😆

  14. va says:

    Selalu semangat y yori untu berkarya…

  15. rosi says:

    pengen ikutan juga tp blog aku msh kosong xixixi….

  16. Adi Saputra says:

    ingin menulis (yang) seperti ini…

  17. vinnn says:

    makin jaya terus viva news

  18. hafshah says:

    Semoga menang ya Da, lomba blog nyaa…hehheee…
    saia pengen ikutaann jugaaa, tapiiii……….sudah sering gagal….hehe…jadi males ikutan…hihihi

    1. Hehe… AMin…
      Sudah sering gagal? ah, jangan nakut-nakutin dong. Setidaknya ikut meramaikan hihi…

  19. ary says:

    reviewnya cukup bagus. salam!

    1. Trims, salam… 😉

  20. dahsyat says:

    bloger yang sangat profesional, dahsyat yori.

    1. Ah bisa aja… Hehe… terima kasih

Don't forget to give comment and questions :)