Begini cara mengukur kadar narsis Anda

narcissus
Narcissism (sumber: Wikipedia)

Saya pernah menulis tentang narsis beberapa tahun yang lalu ketika istilah ini mendadak populer di dalam pergaulan, khususnya kaum muda. Memang, narsis mungkin tidak memiliki definisi eksplisit yang pasti dan juga tidak ada konsekuensi logis ketika seseorang memiliki sikap narsis, atau ketika seseorang menuduh atau dituduh sebagai pribadi yang narsis. Namun beberapa waktu yang lalu saya agak kaget ketika “narsis” ternyata dibawa ke area saintifik. Tidak hanya itu, suatu jurnal ilmiah sudah berhasil menyingkap bagaimana cara mengukur kadar ke-narsis-an seseorang, dan hasil pengukurannya sangat akurat.

Tapi perlu diingat bahwa definisi narsis di dalam penelitian ini disampaikan dengan cukup jelas:

The word “narcissist” means egotistical, self-focused, and vain

Di dalam tulisan ilmiah tersebut, peneliti berhasil mengungkap kadar kenarsisan dari dua ribuan responden hanya dengan menilai sejauh mana ia setuju dengan satu buah pertanyaan tunggal: “Saya narsis”. Statemen yang mereka namakan Single Item Narcissism Scale (SINS) tersebut ternyata memiliki hasil dengan tingkat akurasi yang sangat baik, bahkan sama baiknya dengan metode Narcissistic Personality Inventory yang sudah lebih dahulu diperkenalkan yang memiliki 40 buah pertanyaan yang harus dijawab oleh responden. 1 soal versus 40 soal, dan hasilnya sama akuratnya. Wow… (Ini dia satu pertanyaan sakti tersebut –> klik di sini)

Informasi ini saya baca beberapa waktu lalu sebagaimana yang ditulis oleh MedicalDaily. Dari tulisan tersebut ternyata juga diungkap bahwa ke-narsis-an, ketika sudah sampai pada kadar tertentu, bisa tergolong ke dalam gangguan mental. Meskipun tidak sampai masuk ke area terapi, gangguan mental tetaplah suatu penyakit.

Narcissism: good or bad?

Dari beberapa tulisan yang saya baca terkait dengan sikap narcissism, saya sampai pada suatu kesimpulan: sikap atau sifat narsis adalah tidak baik. Ya terang aja, definisinya (menurut studi ini) adalah egotistical, self-focused, and vain. Oleh karena itu, jangan bangga menyebut diri sebagai orang yang narsis. Terlebih lagi, jangan seenaknya menuduh orang lain narsis. Sekian.

_________________________

Anyway, setelah saya pikir-pikir, ternyata judul tulisan ini cukup menipu ya. Iya, karena setelah membaca dari awal sampai akhir tulisan, pembaca tidak dapat mengukur kadar kenarsisan di sini; dan juga tidak mendapat informasi lengkap tentang bagaimana cara pengukurannya. Tapi setidaknya kita tau bahwa kadar narsis tersebut memang bisa diukur secara ilmiah, tetapi interpretasinya hanya bisa dilakukan oleh ilmuwan yang melakukan penelitian di bidang ini.

 

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

9 thoughts on “Begini cara mengukur kadar narsis Anda

  1. winnymarlina says:

    seru juga kalau bisa tahu tingkatnya mana tau bisa diobatin klo udh akut 😀

  2. giewahyudi says:

    Kayaknya belum pernah nemuin kasus narsis yang sampai ke tingkat gangguan mental. Mungkin tidak terlihat langsung ya, perlu diteliti sampai di mana pengaruh ke kehidupan seseorangnya.

    Hehehe itu komentar NinaFajriah jleb banget ya. 😀

    1. Iya sih. keknya di Indonesia, istilah “narsis” mengalami pelembutan makna.

  3. Alris says:

    Parah kalo jadi gangguan mental, 🙂

    1. Kalau menurut definisinya yang original, keknya arahnya memang ke sana :mrgreen:

  4. NinaFajriah says:

    Kalau blog itu salah satu media narsis bukan ya Uda Yori? hehe

    1. Bisa saja. Tapi saya nggak pernah narsis di blog (kecuali narsis terselubung, hihi…)

  5. Ami says:

    Keren ya, satu pertanyaan sudah bisa menilai dengan akurat :). Btw, yang di bagian atas itu gambar Narcissus ya, Da?

    1. Ya, somehow its very powerful they said. Gambarnya minjam dari Wikipedia, info lengkap sila ke TKP, hehee…

Don't forget to give comment and questions :)