Cara praktis membuat sitasi dan daftar pustaka dengan Mendeley

Setelah mengamati dengan cukup lama, saya akhirnya berkesimpulan bahwa kegiatan tulis-menulis artikel ilmiah kebanyakan di antara kita (pelajar/mahasiswa dan bahkan juga dosennya) sepertinya masih dipenuhi oleh ritual manual. Nggak percaya? Ini contohnya:

  1. membuat daftar isi dengan cara manual, copy paste judul bab, sub bab, dan sub sub bab dari naskah dan masukin nomor halamannya secara manual (harus scroll  down untuk lihat nomor halaman dan scroll up lagi untuk mengetikkan nomor halaman pada halaman daftar isi)
  2. membuat halaman kover tersendiri, halaman kata pengantar lain lagi filenya, trus bab I dan seterusnya juga dengan file tersendiri (tujuannya supaya pembuatan nomor halaman tidak terganggu akibat jenis nomor halaman yang harus dibedakan)
  3. membuat sitasi pada naskah secara manual, kemudian menyusun daftar pustaka secara manual juga (dengan resiko sitasi yang salah, tidak lengkap atau berlebih, atau daftar pustaka yang salah ketik, tidak lengkap, atau dengan format yang tidak seragam)
  4. atau bentuk ritual manual merepotkan lainnya

Bagi saya sendiri, problem di atas sudah tidak ada lagi karena saya sudah berhasil mempelajari teknik-teknik yang benar untuk beberapa hal di atas. Di tulisan sebelumnya, saya juga sudah membuat tutorial ringkas tentang pemanfaatan Google Scholar untuk menulis daftar pustaka. Nah, masih terkait dengan sitasi dan daftar pustaka, ada cara yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan Google Scholar, yaitu dengan menggunakan aplikasi Reference Manager, misalnya End Note dan Mendeley. Untuk saat ini, saya secara personal lebih merekomendasikan Mendeley dengan beberapa pertimbangan utama: penggunaan praktis dan aplikasi yang gratis tis tisss. Silakan simak tutorialnya

READ ALSO:  Twitter: Wadah buat ngomongin dosen

Menggunakan Mendeley dalam penulisan ilmiah

Mendeley

Berikut adalah ppt tutorial tentang pemanfaatan Mendeley (sudah saya presentasikan di kampus pada awal Mei 2016). Sejujurnya, materi presentasi berikut merupakan tutorial yang tidak terlalu detail. Meskipun demikian, saya yakin bahwa tutorial ini bisa diikuti dengan mudah oleh mayoritas pengguna komputer. Untuk kemudahan dalam mengikuti tutorial ini, saya sarankan 2 hal berikut:



download presentasi klik di sini

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

Latest posts by Yori Yuliandra (see all)

2 thoughts on “Cara praktis membuat sitasi dan daftar pustaka dengan Mendeley

  1. Armenia says:

    Thanks a lot, it helps a lot

    1. Nice to know that. You’re so welcome 😉

Don't forget to give comment and questions :)