Inovasi Masyarakat Peternak Kambing (IMPAK)

Tri Dharma Perguruan Tinggi

Selain melakukan kegiatan di dalam aspek pendidikan dan penelitian, masyarakat kampus (terutama dosen) juga dituntut untuk melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Kalau dilihat dalam perspektif tugas dan tanggung jawab, melakukan kegiatan pengabdian terhadap masyarakat bisa disebut “wajib fardhu ‘ain” bagi dosen. Sebagai insan akademik, mereka juga harus memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat terkait dengan keilmuannya. Ketiga aspek itulah yang disebut dengan tri dharma perguruan tinggi.

Ulasan di dalam tulisan ini (plus juga videonya) adalah tentang salah satu usulan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dari Universitas Andalas. Saya sendiri sebenarnya tidak terlibat sebagai anggota pengusul, tapi boleh dong saya berpartisipasi untuk mensukseskan, atau setidaknya mensosialisasikan saja, dengan beberapa pertimbangan berikut:

  • Tim ini berasal dari Universitas Andalas, dan salah seorang di antaranya adalah kolega “sekampung” yang sudah saya janjikan untuk membantu sosialisasi dan share program ini, supaya jumlah view video di atas semakin banyak. Katanya, kelulusan dari usulan kegiatan pengabdian ini akan ditentukan berdasarkan beberapa hal, termasuk jumlah view dan like dari pengunjung yang melihat video tersebut.
  • Kegiatan pemberdayaan masyarakat peternak kambing yang dimaksud akan dilaksanakan di daerah Canduang Koto Laweh, Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Lokasi ini berada di kecamatan tempat saya berdomisili. Hitung-hitung promosi dan kontribusi terhadap daerah sendiri. Boleh kan? 🙂
  • Video tersebut, khususnya scene video udaranya, bukanlah video biasa karena dibuat dengan memanfaatkan drone hasil karya Universitas Andalas pemenang Kontes Robot Indonesia tahun 2015. Gambar yang diambil sangat baik dipadu dengan keindahan bentang alam lereng gunung Marapi nan sejuk. Credit to Unggeh Tabang Aerial.

Mengapa usulan ini layak didukung?

  • Potensi untuk optimalisasi: Para peternak kambing tersebut hanya mengandalkan usaha penjualan kambing saja sebagai sumber pendapatan mereka. Padahal komoditas sampingannya juga sangat potensial untuk dikembangkan. Sebut saja misalnya susu kambing beserta pengolahannya, biogas dari kotoran kambing, atau juga pupuk organik. Khusus untuk susu kambing, beberapa produk pangan dan kosmetik sangat memungkinkan untuk diproduksi, tentunya dengan kontribusi dan pembinaan dari tim pengabdi.
  • Kondisi ekonomi masyarakat: Secara umum, kelompok masyarakat peternak kambing ini warga merupakan masyakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah. Bahkan sebagian besarnya hanya menggantungkan kehidupannya dengan beternak kambing. Oleh karenanya, program ini diharapkan dapat memperkuat ekonomi masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan ini.
  • Kontribusi perguruan tinggi: Kelulusan dari proposal pengabdian ini akan menjadi suatu kontribusi nyata dari perguruan tinggi terhadap masyarakat, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat dan penguatan perekonomiannya.
READ ALSO:  Ayat penghibur

Bagaimana cara Anda mendukung program ini?

Kelulusan program ini ditentukan berdasarkan penilaian oleh dewan juri. Meskipun demikian, salah satu aspek penialaiannya adalah berdasarkan jumlah view dan like dari official video dari proposal tersebut pada YouTube. So, jadikan kontribusi Anda menjadi nyata dengan cara

  • Tonton videonya melalui link ini (klik di sini)
  • Klik tombol like (simbol jempol ke atas) pada bagian bawah video tersebut. Saat tulisan ini dibuat, sudah ada 491 likes. Semakin banyak angka tersebut, maka semakin tinggi peluangnya untuk lolos seleksi

qr-code-impak-dompet-dhuafaCara yang lebih praktis: Jika Anda membaca artikel ini via layar komputer atau laptop, scan QR code disamping dengan smartphone Anda (menggunakan aplikasi kamera *when supported* atau dengan menggunakan aplikasi QR code scanner), buka tautannya dengan aplikasi YouTube pada smartphone, kemudian klik tombol like.

.

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

Don't forget to give comment and questions :)