Step by Step: How to Upgrade OJS

Open Journal SystemPertanyaan tentang cara Upgrade OJS (Open Journal System) tidak muncul mendadak begitu saja bagi saya. Semuanya diawali sejak beberapa tahun terakhir, dimana saya sering berurusan dengan jurnal dan publikasi ilmiah. Pada awalnya hanya sebagai pembaca, namun kemudian mulai berangsur-angsur naik kelas menjadi tukang translate, penulis, corresponding author, proofreader, reviewer internal, menjadi sekretaris penyunting, sampai kemudian ikut menginisiasi suatu jurnal ilmiah yang digawangi oleh ikatan profesi yang saya ikuti. Dengan beberapa pengalaman berharga ini pula lah saya akhirnya berkenalan dengan OJS (Open Journal System) yang merupakan platform atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola suatu jurnal ilmiah secara online.

Salah satu kendala yang pernah saya hadapi dalam menangani OJS ini adalah ketika akan mengupgrade software ini ke versi terbaru yang dirilis oleh PKP yang merupakan developernya. Beberapa website OJS yang sedang saya kelola secara serentak mendapatkan notifikasi yang sama, yaitu bahwa platform jurnal online ini mesti diupgrade ke versi terbaru. Notifikasi ini akan muncul pada halalaman “Site Administration”

ojs update available

Cara termudah upgrade OJS v.2

Setelah menghabiskan banyak waktu untuk try and error mencoba beberapa tutorial berbahasa inggris yang saya temui, finally I made it, alhamdulillah. Sebenarnya ada beberapa cara untuk upgrade OJS, cara yang saya tulis di sini merupakan cara paling praktis dan mudah yang bisa saya bagi untuk para site administrator OJS di seluruh Indonesia ūüėÄ

Secara umum, ada beberapa tahap dalam upgrade OJS. Kalau boleh saya ringkas: hanya 6 langkah saja

  1. Unduh OJS versi terbaru
  2. Upload ke hosting pada direktori yang sama dengan OJS lama
  3. Salin beberapa file dan direktori dari folder OJS lama ke OJS baru
  4. Edit kode konfigurasi pada file konfigurasi dalam folder ojs baru untuk mengaktifkan fitur upgrade
  5. Lakukan upgrade pada halaman website
  6. Kembalikan kode konfigurasi ke awal untuk mematikan kode upgrade.¬†SELESAI. DONE…

Simak rinciannya sebagai berikut

READ ALSO:  Bola

#1 Download OJS versi terbaru

Buka halaman Download pada website PKP (klik di sini), kemudian scroll ke bawah untuk mencari paket download terbaru pada bagian “Current¬†Stable¬†Release”.¬†Klik tautan download OJS yang ada pada bagian bawahnya (biasanya berupa dokumen .tar.gz) untuk mengunduh paket

#2 Upload OJS versi terbaru ke hosting

Login ke hosting website dan ambil menu File Manager. Unggah OJS terbaru yang sudah diunduh pada tahap 1. Setelah unggahan selesai, maka tahap berikutnya adalah menggantikan konten (file dan folder) yang lama dengan yang baru. Replace semua file dan folder lama dengan yang baru, kecuali 3 item yang dijelaskan pada bagian berikut ini

#3 Salin beberapa direktori (file/folder) dari OJS lama 

Semua konten di dalam OJS lama akan kita hapus dan digantikan dengan konten baru dari OJS baru yang sudah diunduh, kecuali 3 item: 1). file “config.inc.php”, 2). folder “public”, dan 3). folder yang berisi file-file artikel (normalnya nama folder ini adalah “ojsdata”). Khusus untuk folder ojsdata ini, kadang ia¬†berada di dalam direktori OJS, namun lebih sering berada di luar direktori OJS (sesuai dengan saran yang ditampilkan waktu instalasi pertama kali).

Informasi tentang lokasi folder “ojsdata” dapat diketahui dari “System Information” website tersebut. Menu ini dapat diakses dari dari “Site Administration” (hanya bisa diakses oleh admin website, Journal Manager bahkan tidak punya akses ke dalam menu ini). Pada halaman System Information tersebut, lokasi penyimpanan folder ojsdata ada pada bagian “files_dir”. Sekiranya direktori yang ada pada bagian files_dir tersebut terdapat di dalam instalasi OJS, maka folder tersebut juga harus dipastikan terdapat di dalam instalasi OJS yang baru.

READ ALSO:  Encarta Dictionary, kamus komplit fitur selangit

#4 Edit konfigurasi website pada file config.inc.php

Setelah konten di dalam hosting diganti dengan konten yang baru, maka tahap berikutnya adalah menginstal OJS baru. Proses instalasi ini tidak dapat dilakukan kecuali dengan terlebih dahulu melakukan perubahan konfigurasi pada file¬†“config.inc.php” pada hosting. Buka dokumen tersebut dengan cara klik kanan dan pilih edit. Pada text editor yang muncul, cari kode “installed = On” dan ganti menjadi “installed = Off”, kemudian simpan (Save Changes). Jendela ini tidak perlu ditutup, karena akan dikembalikan ke konfigurasi sebelumnya setelah proses upgrade selesai.

#5 Upgrade OJS 

Proses upgrade dapat dilakukan dengan cara mengunjungi halaman website. Karena kode konfigurasi pada tahap sebelumnya sudah kita ganti, maka halaman yang muncul ketika website jurnal diakses bukanlah halaman seperti biasanya, melainkan halaman yang akan memandu proses instalasi OJS baru yang sudah kita unggah sebelumnya. Ikuti langkah tersebut sampai tahap akhir yang menyatakan bahwa proses upgrade selesai dengan successfully.

#6 Kembalikan konfigurasi pada file config.inc.php

Kembalikan konfigurasi pada tahap #4 dari¬†“installed = Off” menjadi¬†“installed = On”. Simpan. Terakhir, buka halaman website jurnal. Jika jurnal sudah dapat diakses seperti sedia kala, maka dapat disimpulkan bahwa website tersebut sudah berhasil diinstal dengan OJS yang up to date. Sekedar memastikan, silakan login dan buka halaman Journal Manager untuk melihat apakah masih ada notifikasi untuk upgrade.

READ ALSO:  Komputer bermasalah "Monitor out of frequency"

OJS 3, tunggu dulu ya

OJS 3 yang sudah lama ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Notifikasinya sudah muncul di dalam halaman Journal Manager. Berhubung perubahan pada OJS 3 ini sangat besar dan mengharuskan admin website “kerja keras”, maka ntar dulu. Siap-siap dulu. Apalagi tim redaksi dan dewan editor lagi sibuk-sibuknya untuk persiapan penerbitan nomor terdekat.

————————–
p.s.: Anyway, draft tulisan ini sudah stay di lebih dari setahun sejak pertama kali saya tulis. Dulu agak ogah-ogahan sih melanjutkannya. Tambah bikin malas ketika OJS 3 sudah dirilis versi beta-nya. Tapi berhubung tulisan tentang upgrade OJS masih minim, apalagi yang bahasa Indonesia, maka akhirnya dilanjutkan. Apalagi setelah dipikir-pikir bahwa website jurnal yang akan segera pindah ke OJS 3 mungkin masih sedikit. Mungkin butuh waktu yang cukup lama.

Yori Yuliandra
Follow me

Yori Yuliandra

A lecturer and researcher in the Faculty of Pharmacy, Andalas University, majoring pharmacology "the study of drugs" | A blogger (and webmaster at RankMudo.Net) | An enthusiast in higher education
Yori Yuliandra
Follow me

Latest posts by Yori Yuliandra (see all)

Don't forget to give comment and questions :)